Puasa Yang Sia - Sia

bulan ramadhan


Selamat menunaikan ibadah puasa yah brow, tetap semangat, semoga lancar sampai buka nanti dan sampai bulan ramadhan selesai tahun ini.

Pada konten kali ini saya akan fokus membahas tentang puasa yang sia - sia dan kita sama - sama belajar di sini. apa sih maksudnya puasa yg sia - sia?, Sebelum menjelaskan nanti temen - temen bisa melihat terlebih dahulu penjelasan tentang puasa yg sia - sia dari channel Yufid.TV;


Jika temen - temen masih susah di mengerti dari penjelasan video tersebut, saya akan berikan perumpamaan film pendek tentang puasa yg sia - sia, produksi dari gulon tv;

Tentunya temen - temen sudah mengerti dengan video - video tersebut yg saya berikan, jika masih belum saya akan jelaskan dengan cukup detail di sini.

Sebelum saya menjelaskannya mari kita baca terlebih dahulu hadits nabi shallallahu'alaihi wa sallam:
رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” 
(HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084 mengatakan bahwa hadits ini shohih ligoirihi –yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya).

Untuk penjelasannya saya akan berikan 3 sebab dan saya akan menjelaskannya sedikit singkat saja agar temen - temen tidak bosan dalam membacanya. kenapa puasa kita sia - sia atau tidak mendapatkan pahala padahal sudah menahan lapar dan minum;

1. Berkata Dusta Atau Az Zuur
Ini lah ucapan atau perkataan yg dapat memberikan puasa kita sia - sia, berikut hadits dari abu hurairah;

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903). 
Apa yang dimaksud dengan az zuur? As Suyuthi mengatakan bahwa az zuur adalah berkata dusta dan menfitnah (buhtan). Sedangkan mengamalkannya berarti melakukan perbuatan keji yang merupakan konsekuensinya yang telah Allah larang. (Syarh Sunan Ibnu Majah, 1/121, Maktabah Syamilah)

2. Berkata Lagwu/sia-sia dan rofats/kata-kata porno

اللَّغْو الْكَلَام الَّذِي لَا أَصْل لَهُ مِنْ الْبَاطِل وَشَبَهه

Lagwu adalah perkataan sia-sia dan semisalnya yang tidak berfaedah.” 
Lalu apa yang dimaksudkan dengan rofats? Dalam Fathul Bari (5/157), Ibnu Hajar mengatakan,

وَيُطْلَق عَلَى التَّعْرِيض بِهِ وَعَلَى الْفُحْش فِي الْقَوْل

“Istilah Rofats digunakan dalam pengertian ‘kiasan untuk hubungan badan’ dan semua perkataan keji.”

Terkadang kita masih mudah mengatakan atau mengucapkan perkataan tersebut, semoga kita bisa menghindari atau mejahui sedikit - sedikit ucapan tersebut tidak hanya dalam puasa bulan ramadhan ini tapi juga seterusnya.

3. Melakukan Berbuatan Maksiat
Kita saling belajar di sini puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja tapi juga hawanafsu dan juga menjahui perbuatan negatif atau bahkan maksiat.
Jabir bin ‘Abdillah pernah menyampaikan : 
“Seandainya kamu berpuasa maka hendaknya pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu turut berpuasa dari dusta dan hal-hal haram serta janganlah kamu menyakiti tetangga. Bersikap tenang dan berwibawalah di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari puasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja.” 
(Lihat Latho’if Al Ma’arif, 1/168, Asy Syamilah)

Akhir dari penjelasan di atas memiliki kesimpulan, seseorang yang masih gemar melakukan maksiat di bulan Ramadhan seperti berkata dusta, menfitnah, dan bentuk maksiat lainnya yang bukan pembatal puasa, maka puasanya tetap sah, namun dia tidak mendapatkan ganjaran yang sempurna di sisi Allah. Semoga kita dijauhkan dari melakukan hal-hal semacam ini.

Cukup segitu yg bisa saya berikan pada konten kali ini, semoga kita bisa sama - sama belajar dari penjelasan yg saya berikan ini dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Post a Comment

1 Comments

  1. mantap nih,,, salam balik dan salam kunjungi ke blog ane gan : https://tentangprodukgoogle.blogspot.com/

    ReplyDelete