UNBK DiHapus Setuju Atau Tidak


Bagi temen - temen yg belum tau ini adalah termasuk visi misi dari cawapres paslon 2 sandiaga uno, yg ia utarakan pada depat pilpres 17 maret 2019.

sandiaga uno mengatakan "kami juga pastikan bahwa sistem ujian nasional dihentikan" Hotel Sultan, Jakarta. 

Rencana ini juga di dukung oleh FSGI/federasi serikat guru indonesia. Oke lalu ini pendapat saya sendiri tentang UNBK di hapus atau tidak?, dan jika di hapus diganti dengan peminataan/bakat siswa masing - masing.


menurut saya sih dari pengamatan saya UNBK kemungkinana harus diperkecil adanya, karena bagi saya sangat membebankan sekali. Disini saya bukan berati membuat konten yg mendukung cawapres paslon 2 saya cuman setuju aja dengan visi misinya untuk menghapus unbk dan di ganti peminatan yg sesuai bakatnya masing - masing.


misalnya nih kalau diadakan tes minat dan bakat jadi siswa lebih tau terhadap dirinya sendiri minta dan bakatnya di mana dan bisa dijadikan buat modal kehaliannya nanti setelah lulus.


dalam sistem unbk juga nih kita lebih terfokus terhadap menghafalnya dan bukan untuk menerapkan dalam kehidupan keseharian kita.


pada soal materi nih dari sistem unbk bagi saya yg baru lulus tahun 2019 ini bahwa sistem un ini menghabiskan waktu yg mengulang materi di SMP kembali materi SD yg materi SMA kembali ke SMP ini menurut saya sangat menghabiskan waktu, menurut saya mending waktu itu di gunakan untuk pemahaman konsep minat bakat.


berikut saya berikan alasan tentang unbk harus dihapus dari sumber Ayu Safari;
  1. Ujian Nasional Bukan Representasi Kompetensi Anak Secara Utuh
  1. Ujian Nasional Membuat Kita Lupa pada Moral Anak
  1. Ujian Nasional Membuat Anak Tidak Paham Tujuan Sekolah
  1. Ujian Nasional Membuat Anak Malas Belajar
  1. Ujian Nasional Membuat Kita Tak Menghargai Proses

jadi menurut saya mana mungkin siswa dituntut untuk bisa disemua mata pelajaran, kita lihat aja dari guru mulai smp mereka mengajar satu guru satu mata pelajaran kan yah kok siswanya di tuntut untuk mendapatkan nilai bagus di semua mata pelajaran, apalagi di SMA?

jadi temen - temen lebih setuju mana unbk dihapus atau tidak?








2 comments:

  1. jujur ini pembahasan yang harus nya dilirik sama semua orang gan, saya juga bukan pendukung capres siapapun, tapi emang kalo dipikir-pikir sistem ini harusnya udah cepat diganti, btw saya udh lulus kuliah dan baru ketemu minat dan bakat nya sekarang bukan sejak dari dulu, agak nyesel sih. dikit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan setuju, saya juga merasakannya sendiri. kita ngga mau kalau yg masih duduk di bangku sekolah menghabiskan waktunya tanpa mengatahui minat dan bakatanya masing - masing.

      Delete

Powered by Blogger.